Jakarta –
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) mesti digelar secara menyenangkan agar tidak membuat siswa baru bosan. Sehingga, guru bisa menyelipkan beberapa permainan agar suasana semakin cair.
Tak cuma untuk melepas penat dan lelah setelah menerima materi, permainan MPLS ini dapat melatih konsentrasi hingga logika siswa. Permainan bisa dilakukan di dalam atau luar kelas.
Apa saja ya permainan yang bisa dicoba? Mengutip buku 100 Game Seru Cara Asyik Belajar oleh Mochammad Hanif (2016), berikut contoh permainan MPLS yang bisa dilakukan oleh siswa SD, SMP hingga SMA/SMK:
Contoh Permainan MPLS untuk Siswa SD, SMP, SMA/SMK
1. Permainan Perkenalan
Permainkan ini bertujuan mempermudah siswa memperkenalkan diri kepada teman-teman barunya. Alat dan bahan yang dipakai hanya kertas dan alat tulis.
Dalam melancarkan game ini, guru harus memberi instruksi kepada siswa menuliskan biodata lengkap. Lalu kertas tersebut dikumpulkan dan diambil oleh setiap siswa secara acak.
Siswa kemudian diberikan tugas menebak siapa orang yang gambarkan dalam kertas yang didapat. Selain itu, metode lainnya bisa dengan cara guru membaca satu per satu biodata dan siswa menebaknya.
2. Boom
Boom adalah permainan untuk melatih konsentrasi dan kemampuan matematika. Permainan ini tak membutuhkan alat dan bahan karena cukup menentukan kelipatan sebuah nomor.
Cara bermainnya adalah dengan mengumpulkan siswa secara berjajar atau melingkar. Lalu, tentukan satu nomor dan kelipatannya yang tak boleh disebut.
Misalnya siswa dilarang menyebut angka kelipatan 4. Setiap siswa akan berhitung dan bagi siapa saja yang menyebut angkat 4,8,12,16,24 dan seterusnya gagal atau mendapat hukuman.
3. Musik Heboh
Sama seperti permainan sebelumnya, Musik Heboh bisa diaplikasikan untuk membuat siswa berkonsentrasi sambil melatihan kecepatan. Panduannya, siswa berebut kursi untuk menunjukkan siapa yang paling berkonsentrasi
Siswa berdiri sejajar, kemudian nyalakan musik. Jika musik berhenti, siswa harus segera berlari ke depan untuk duduk di kursi.
Jika pemain berjumlah sepuluh, maka sediakan kursi sebanyak sembilan. Selanjutnya, lakukan eliminasi satu per satu untuk mengetahui siapa pemenang atau siswa yang paling konsentrasi.
4. Word Webs
Word Webs akan melatih kecepatan dan kemampuan kosakata. Permainan bisa dilakukan oleh dua kelompok.
Masing-masing kelompok berdiri sejajar dan diberikan satu buah papan tulis kecil beserta spidol. Permainan dimulai ketika guru memberi satu tema.
Dari tema tersebut, masing-masing kelompok harus menuliskan kata yang berhubungan dengan tema. Guru bisa memberikan durasi tertentu kepada siswa untuk menyelesaikan satu babak.
Pemenang akan dihitung dari berapa banyak kosakata yang berhasil dikumpulkan. Selain melatih kosakata, permainan ini juga melatih kecepatan berpikir.
5. Tanggal Lahir
Tujuan dari permainan ini adalah mempercepat keakraban, saling mengenal, dan melatih memori. Pesertanya bisa terdiri dari siswa satu kelas
Cara bermainnya, guru memberi instruksi untuk berbaris sesuai urutan tanggal lahir dari terkecil atau terbesar. Berikan durasi bagi siswa untuk menyelesaikannya.
Lewat permainan ini, siswa akan terpaksa menanyakan tanggal lahir kepada temannya. Hal ini bisa menjadi latihan awal membentuk kekompakan kelas.
6. Barisan Pemenang
Permainan ini dilakukan dengan membagi kelas menjadi dua kelompok yakni ganjil dan genap. Guru memberikan misalnya 14 soal sehingga masing-masing kelompok harus menyelesaikan 7 soal.
Siswa berbaris ke belakang dan masing-masing harus mengerjakan satu soal dengan durasi tertentu. Di akhir, akan terlihat kelompok mana yang paling banyak mengerjakan soal benar.
7. Smash Your Answer!
Game ini bertujuan dalam melatih konsentrasi dan kecepatan siswa. Cara bermainnya adalah dengan membagi siswa menjadi dua kelompok terlebih dahulu.
Kemudian, suruh mereka berdiri berjajar ke belakang. Siswa paling depan memegang stik atau benda semacamnya.
Di papan tulis terdiri dari banyak kosa kata misalnya ruang tamu, dapur, ruang kelas, kamar tidur, dan lainnya. Pertanyaan yang diberikan kepada siswa misalnya, “Pisau”?.
Siswa harus segera meletakkan stik di atas kata yang sesuai dengan kata tersebut. Pisau berada di dapur sehingga siswa harus bersaing dengan lawan dari kelompok lain lebih dulu memilih dapur di papan tulis.
8. Kata Beruntun
Permainan ini dilakukan secara berkelompok juga. Siswa bisa berjajar ke depan atau ke pinggir.
Nantinya, siswa di urutan ke-1 harus menyebutkan sebuah kata. Siswa selanjutnya kemudian harus menyebutkan kata dengan awalan huruf sesuai huruf akhir yang diucapkan siswa sebelumnya.
Misalnya siswa ke-1 menyebut ‘harimau’, maka siswa ke-2 harus menyebut kata berawalan u, begitu juga seterusnya. Agar melatih kecepatan, satu kelompok bisa diberikan durasi tertentu.
9. Shopping Ceria
Game Shopping Ceria bisa dilakukan untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Petunjuk mainnya, siswa berbaris ke depan.
Siswa di urutan pertama harus contohnya harus mengatakan “Saya pergi ke pasar membeli anggur”. Kemudian, siswa kedua mengatakan, “Saya membeli anggur dan cabai”.
Siswa selanjutnya harus menyebut benda-benda yang dibeli siswa sebelumnya. Kelompok yang bisa mengingat lebih banyak kata benda, maka merekalah pemenangnya.
10. Doraemon Berkata
Doraemon Berkata bisa mengasah konsentrasi dan kecepatan siswa. Permainan ini dilakukan dengan memberi instruksi “Doraemon berkata, pegang hidungmu”.
Jika kalimat tersebut diucapkan oleh guru, maka siswa harus memegang hidung. Namun, jika guru hanya berkata ,”Pegang lehermu” maka siswa harusnya diam.
Jika kalimat ‘Doraemon berkata’ tidak disebutkan guru, maka siswa tak perlu melakukan instruksi setelahnya.
Nah, itulah permainan-permainan seru yang bisa diberikan kepada siswa selama MPLS. Mana yang menurutmu paling seru?
(cyu/nwy)