Jakarta –
Perkembangan teknologi yang pesat mengharuskan setiap orang bisa beradaptasi dengan cepat, termasuk juga siswa-siswi yang duduk di bangku sekolah. Seperti di BINUS SCHOOL Simprug yang kembali melakukan inovasi pembelajaran untuk mendukung perkembangan siswa. Kali ini, BINUS SCHOOL Simprug melakukan transformasi digital dengan menghadirkan teknologi terkini untuk menunjang pembelajaran, yakni Active Floor, EMYZ Robot dan Virtual Reality (VR) Goggle.
Albert, guru BINUS SCHOOL Simprug, menyampaikan fasilitas-fasilitas pembelajaran terbaru tersebut berbasis Educational Technology (EdTech) atau teknologi pendidikan yang dihadirkan untuk meningkatkan performa dan pembelajaran para siswa. Ia menyampaikan bahwa teknologi seperti Active Floor memberikan pengalaman belajar yang mengesankan untuk para siswa.
“Active Floor ini membantu siswa-siswi BINUS SCHOOL Simprug, khususnya Primary Years Programme (PYP), untuk memainkan berbagai jenis permainan dan yang berkaitan dengan materi yang dipelajari di dalam kelas,” jelasnya.
Dengan menyentuh visual yang ditembakkan oleh proyektor ke Active Floor, para siswa bisa terlibat secara interaktif, sehingga merangsang motorik mereka.
Sementara EMYZ Robot merupakan teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI). Robot pintar tersebut mampu merespons angka dan kata-kata, yang membantu memahami konsep matematika atau bahasa melalui percakapan langsung dengan robot secara interaktif.
Selain Active Floor dan EMYZ robot, VR Goggle juga membuat siswa mendapatkan pengalaman baru dalam belajar dengan melihat objek-objek yang lebih jelas melalui alat tersebut.
“Hal ini membuat siswa dapat merasa jadi bagian dari hal yang mereka pelajari,” jelas Albert.
Tidak hanya digunakan oleh siswa dari jenjang PYP, baru-baru ini siswa kelas 11-12 BINUS SCHOOL Simprug ini juga mengadakan Virtual Reality Learning Session dengan menggunakan teknologi VR Goggle tersebut. Pada sesi ini, siswa BINUS mengeksplorasi aplikasi Open Brush yang mengajak mereka untuk membuat seni virtual dan SuperHOT yang membawa hiburan bagi para siswa.
Sesi tersebut membuat para siswa BINUS SCHOOL Simprug dapat memahami lebih dalam bagaimana cara menerapkan teknologi VR, sekaligus mempelajari pengaruhnya secara positif maupun negatif.
Kehadiran fasilitas-fasilitas tersebut diharapkan dapat membantu siswa dalam mengembangkan sensor motorik dan menghadirkan pengalaman baru dalam belajar, serta mendukung siswa mempergunakan teknologi terkini dengan sebaik-baiknya sehingga membantu pemerintah mewujudkan Generasi Emas 2045.
(anl/ega)